PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MELAKUKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA RANCASARI

Authors

  • Tira Ananda Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Abdurohim Abdurohim Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang

Keywords:

Ekonomi Islam, Pemberdayaan, BUMDES

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di desa Rancasari Kecamatan Pamanukan dalam melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program pengelolaan sampah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peran BUMDES Rancasari dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis pengembangan prinsip Ekonomi Islam melalui program pengelolaan sampah. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Rancasari melalui program pengelolaan sampah berhasil dalam menciptakan lapangan kerja baru, sumber ekonomi baru, sumber pengetahuan baru, dan menanamkan kepedulian sosial masyarakat terhadap lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurohim, A. (2022). Environment Conservation in Pressing Climate Change Environmental Fiqih and Islamic Law. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2033–2039.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2022). Implementation Of Internal Quality Assurance System In Order To Improve The Quality Of Polytechnical Research. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(3), 297–306.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.

Badruzaman & Ropei. (2020). Gender Equality For Women Victims Of Violence In Household. Al-IHKAM: Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram., 12(1), 1–14.

Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Gumala et al. (2019). The Practice of Reading Approaches in Developing Students’ Reading Competency on Javanese Language among Primary School Teachers. INCOLWIS 2019: Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Julrissani et al. (2020). Membangun Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17.

Komarudin. (2022). Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(1), 34–54.

Labetubun, M. A. H. (2021). Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.

Muchamad Rifki et al. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98.

Nisa et al. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam)., 3(2), 169–182.

Nisa, H. (2021). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 79–92.

Nugraha et al. (2019). Environmental Literacy for Elementary Students Based on Sundanese Local Wisdom. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019.

Nugraha, L. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education., 6(2), 211–222.

Nugraha, L. (2023). ‪Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah‬. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Opik et al. (2019). Early Literacy Value on Kakawihan. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang.

Parid & Alif. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi., 11(2), 266–275.

Parid & Julrissani. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 114–121.

Parid & Rosadi. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), 152–163.

Parid dan Utami. (2021). Kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. NIZHAMIYAH, 11(1), 58–67.

Parid, M. (2020). Relevansi Komunikasi Pembelajaran dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan., 6(3), 442–452.

Parid, M. (2021). ‪Beyond Center Circle Time (BCCT)‬. Yogyakarta : Fakultasi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Ramadhani & Rizkan. (2021). Analysis of Internal and External Determinant Variables towards Profitability of Islamic Banking in Indonesia (2014-2020). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 4(1), 18–34.

Ramadhani, F. (2023). Analisis Determinan Variabel Kinerja Keuangan Terhadap Total Aset Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 500–507.

Rifki et al. (2022). Students’ Religious Character Development based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang. Specialusis Ugdymas, 1(43), 7771–7787.

Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang‬. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ropei & Sururie. (2021). Dinamika Penjatuhan Talak Melalui Whatsapp dalam Paradigma Pembaharuan Hukum Keluarga Islam. AL-HUKAMA: The Indonesian Journal of Islamic Family Law., 11(1), 160–184.

Ropei, A. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah., 4(2), 165–179.

Ropei, A. (2021). Kaidah Niat Dan Penentuan Kesengajaan Pembunuhan Dalam Hukum Islam. Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 9(1), 55–80.

Ropei, A. (2022). Rethinking the Minimum Age of Marriage Law in Indonesia: Insights from Muḥammad ‘Ābid al-Jābirī’s Epistemology. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 56(2), 245–264.

Ropei et al. (2023). Managing ‘Baligh’ In Four Muslim Countries: Egypt, Tunisia, Pakistan, and Indonesia on the Minimum Age for Marriage. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam., 16(1), 112–140.

Rukmanda, M. R. (2020). Konsep Rahn Dan Implementasinya Di Indonesia. Eco-Iqtishodi : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 1–14.

Septinaningrum. (2020). Improving Creative Thinking Ability of Prospective Elementary School Teachers through Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Project-Oriented Learning Model. International Conference on Elementary Education, 2(1), 1298–1308.

Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2), 341–352.

Sudirman, A. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Surya, C. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9–14.

Syukur, A. (2021). Muslim Baduy: Conversion and Changing Identity and Tradition. Jurnal Penelitian, 18(2), 181–196.

Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Utami & Parid. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam., 6(1), 55–72.

Zulfa, F. (2021). Development Of Strategic Issues Of Islamic Religious College. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 28–41.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Ananda, T., & Abdurohim, A. (2023). PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MELAKUKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA RANCASARI. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 202–212. Retrieved from http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/489

Issue

Section

Articles