ANALISIS INSTRUMEN KEBIJAKAN MONETER SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI THAILAND: PENDEKATAN MODEL KURVA
Keywords:
Moneter Islam, ThailandAbstract
Lebih dari 210 negara di seluruh dunia telah terdampak pandemi virus corona. Salah satu negara yang terkena dampak pandemi ini adalah Thailand. Pandemi Covid-19 yang terjadi di Thailand menyebabkan perekonomian negara tersebut mengalami resesi. Hal ini terjadi setelah pertumbuhan perekonomian Thailand terus mengalami kontraksi selama 3 kuartal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu menjelaskan gambaran secara utuh untuk menggali suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi. Hasil penelitian menemukan bahwa sektor perdagangan dan pariwisata luar negeri yang mempunyai kontribusi terbesar terhadap PDB juga mengalami penurunan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Bank of Thailad (BOT) melakukan upaya instrumen moneter dalam menstabilkan perekonomian. Instrumen moneter yang digunakan adalah menurunkan suku bunga menjadi 0,05 persen, membeli surat berharga dan mengendalikan mata uang baht. Perekonomian Thailand sedang mengalami resesi yang disebabkan oleh dua sektor utama, yakni perdagangan dan pariwisata. Bank sentral melakukan upaya pemulihan perekonomian dengan tiga instrumen penilaian bunga, pembelian surat berharga dan mata uang baht. Saran dalam penelitian adalah agar penelitian selanjutnya menambah instrumen kebijakan moneter dan fiskal untuk menanggulangi dampak covid secara lebih komprehensif.
Downloads
References
Abdurohim, A. (2022). Environment Conservation in Pressing Climate Change Environmental Fiqih and Islamic Law. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2033–2039.
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Global Media. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 409–416.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Implementation Of Internal Quality Assurance System In Order To Improve The Quality Of Polytechnical Research. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(3), 297–306.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.
Badruzaman & Ropei. (2020). Gender Equality For Women Victims Of Violence In Household. Al-IHKAM: Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram., 12(1), 1–14.
Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank Bri Syariah Kabupaten Subang. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.
Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32.
Julrissani et al. (2020). Membangun Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17.
Komarudin. (2022). Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(1), 34–54.
Labetubun, M. A. H. (2021). Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.
Muchamad Rifki et al. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98.
Nisa et al. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam)., 3(2), 169–182.
Nisa, H. (2021). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 79–92.
Nugraha, L. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education., 6(2), 211–222.
Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Opik et al. (2019). Early Literacy Value on Kakawihan. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang.
Parid & Alif. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi., 11(2), 266–275.
Parid & Julrissani. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 114–121.
Parid & Rosadi. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), 152–163.
Parid dan Utami. (2021). Kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. NIZHAMIYAH, 11(1), 58–67.
Parid, M. (2018). Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Parid, M. (2020). Relevansi Komunikasi Pembelajaran dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan., 6(3), 442–452.
Parid, M. (2021). Beyond Center Circle Time (BCCT). Yogyakarta : Fakultasi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Permana & Rukmanda. (2021). Wakaf: Tinjauan Fiqh, Dasar Hukum, dan Implementasinya di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 154-168.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Ramadhani & Rizkan. (2021). Analysis of Internal and External Determinant Variables towards Profitability of Islamic Banking in Indonesia (2014-2020). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 4(1), 18–34.
Ramadhani, F. (2023). Analisis Determinan Variabel Kinerja Keuangan Terhadap Total Aset Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 500–507.
Rifki et al. (2022). Students’ Religious Character Development based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang. Specialusis Ugdymas, 1(43), 7771–7787.
Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ropei & Sururie. (2021). Dinamika Penjatuhan Talak Melalui Whatsapp dalam Paradigma Pembaharuan Hukum Keluarga Islam. AL-HUKAMA: The Indonesian Journal of Islamic Family Law., 11(1), 160–184.
Ropei, A. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah., 4(2), 165–179.
Ropei, A. (2021). Kaidah Niat Dan Penentuan Kesengajaan Pembunuhan Dalam Hukum Islam. Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 9(1), 55–80.
Ropei, A. (2022). Rethinking the Minimum Age of Marriage Law in Indonesia: Insights from Muḥammad ‘Ābid al-Jābirī’s Epistemology. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 56(2), 245–264.
Ropei et al. (2023). Managing ‘Baligh’ In Four Muslim Countries: Egypt, Tunisia, Pakistan, and Indonesia on the Minimum Age for Marriage. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam., 16(1), 112–140.
Rukmanda, M. R. (2020). Konsep Rahn Dan Implementasinya Di Indonesia. Eco-Iqtishodi : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 1–14.
Septinaningrum. (2019). Multiliteracy in The Rite of Grebeg Pancasila as aMedium for Character Education in Digital Era. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Pa.
Septinaningrum. (2020). Improving Creative Thinking Ability of Prospective Elementary School Teachers through Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Project-Oriented Learning Model. International Conference on Elementary Education, 2(1), 1298–1308.
Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Siregar, R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2), 341–352.
Surya, C. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9–14.
Syukur, A. (2021). Muslim Baduy: Conversion and Changing Identity and Tradition. Jurnal Penelitian, 18(2), 181–196.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Tarlam et al. (2023). Strategi Rasulallah Dalam Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi. Al-Mau’izhoh., 5(1), 226–241.
Zulfa, F. (2021). Development Of Strategic Issues Of Islamic Religious College. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 28–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Febri Ramadhani, Dede Arisda Maolana Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.