ANALISIS PENERAPAN AKAD MUSYARAKAH DALAM PETERNAKAN AYAM BROILER
Keywords:
Akad, Musyarakah, Ayam Broiler, SyariahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh agribisnis berbasis peternakan adalah salah satu fenomena yang tumbuh pesat ketika ketersediaan lahan menjadi terbatas, karena sistem usaha pertanian memerlukan lahan yang luas namun ketersediaan lahan yang terbatas akan memicu efisiensi dan efektifitas, penggunaan lahan tersebut. Usaha peternakan di Indonesia terdiri atas ternak sapi potong, sapi perah, kerbau, kuda, kambing, domba, ayam buras, ayam ras petelur, ayam broiler (ayam pedaging) dan itik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sistem Kemitraan bisnis Dan untuk mengetahui perspektif ekonomi Islam terhadap Sistem Kemitraan bisnis ayam potong di Desa Legonkulon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian penelitian lapangan (field research). Pendekatan ini disesuaikan dengan tujuan pokok penelitian, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis mengenai penerapan sistem kemitraan dalam peternakan ayam broiler menurut perspektif ekonomi syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musyawarah merupakan suatu akad kerjasama antara dua belah pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung sesuai dengan kesepakatan atau kebolehan. Dalam sistem kemitraan usaha peternakan ayam broiler ini tidak ditemukannya tuntutan volume pekerjaan yang sama. Dimana masing-masing pihak bertanggung jawab atas pekerjaan yang telah mereka sepakati di awal kontrak. Dalam hal ini pihak perusahaan bertanggung jawab dalam mendampingi peternak mulai dari masa pemeliharaan ayam sampai pemanenan dan juga ikut bertanggung jawab dalam hal pemasaran produk. Sedangkan pihak peternak dalam hal ini bertanggung jawab terhadap pemeliharaan ayam.
Downloads
References
Abdurohim, A. (2022). Environment Conservation in Pressing Climate Change Environmental Fiqih and Islamic Law. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2033–2039.
Arifudin, O. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Global Media. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 409–416.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Badruzaman & Ropei. (2020). Gender Equality For Women Victims Of Violence In Household. Al-IHKAM: Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram., 12(1), 1–14.
Fasa, I. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.
Gumala et al. (2019). The Practice of Reading Approaches in Developing Students’ Reading Competency on Javanese Language among Primary School Teachers. INCOLWIS 2019: Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Julrissani et al. (2020). Membangun Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17.
Komarudin. (2022). Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(1), 34–54.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Muchamad Rifki et al. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98.
Nisa et al. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam)., 3(2), 169–182.
Nisa, H. (2021). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 79–92.
Nugraha et al. (2019). Environmental Literacy for Elementary Students Based on Sundanese Local Wisdom. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Pa.
Nugraha, L. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education., 6(2), 211–222.
Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Opik et al. (2019). Early Literacy Value on Kakawihan. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang.
Parid & Alif. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi., 11(2), 266–275.
Parid & Julrissani. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 114–121.
Parid & Rosadi. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), 152–163.
Parid dan Utami. (2021). Kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran daring. NIZHAMIYAH, 11(1), 58–67.
Parid, M. (2018). Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Parid, M. (2020). Relevansi Komunikasi Pembelajaran dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan., 6(3), 442–452.
Parid, M. (2021). Beyond Center Circle Time (BCCT). Yogyakarta : Fakultasi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Parid, M. (2022). Integrasi Sains dengan Keilmuan Lain Pada Tingkat SD/MI. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 32(1), 1–13.
Permana & Rukmanda. (2021). Wakaf: Tinjauan Fiqh, Dasar Hukum, dan Implementasinya di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 154-168.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Ramadhani & Rizkan. (2021). Analysis of Internal and External Determinant Variables towards Profitability of Islamic Banking in Indonesia (2014-2020). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 4(1), 18–34.
Ramadhani, F. (2023). Analisis Determinan Variabel Kinerja Keuangan Terhadap Total Aset Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 500–507.
Rifki et al. (2022). Students’ Religious Character Development based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang. Specialusis Ugdymas, 1(43), 7771–7787.
Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ropei & Sururie. (2021). Dinamika Penjatuhan Talak Melalui Whatsapp dalam Paradigma Pembaharuan Hukum Keluarga Islam. AL-HUKAMA: The Indonesian Journal of Islamic Family Law., 11(1), 160–184.
Ropei, A. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah., 4(2), 165–179.
Ropei, A. (2021). KAIDAH NIAT DAN PENENTUAN KESENGAJAAN PEMBUNUHAN DALAM HUKUM ISLAM. Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 9(1), 55–80.
Ropei, A. (2022). Rethinking the Minimum Age of Marriage Law in Indonesia: Insights from Muḥammad ‘Ābid al-Jābirī’s Epistemology. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 56(2), 245–264.
Ropei et al. (2023). Managing ‘Baligh’ In Four Muslim Countries: Egypt, Tunisia, Pakistan, and Indonesia on the Minimum Age for Marriage. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam., 16(1), 112–140.
Rukmanda, M. R. (2020). Konsep Rahn Dan Implementasinya Di Indonesia. Eco-Iqtishodi : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 1–14.
Septinaningrum. (2019). Multiliteracy in The Rite of Grebeg Pancasila as aMedium for Character Education in Digital Era. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Pa.
Septinaningrum. (2020). Improving Creative Thinking Ability of Prospective Elementary School Teachers through Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Project-Oriented Learning Model. International Conference on Elementary Education, 2(1), 1298–1308.
Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2), 341–352.
Surya, C. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9–14.
Syukur, A. (2021). Muslim Baduy: Conversion and Changing Identity and Tradition. Jurnal Penelitian, 18(2), 181–196.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Tarlam et al. (2023). Strategi Rasulallah Dalam Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi. Al-Mau’izhoh., 5(1), 226–241.
Utami & Parid. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam., 6(1), 55–72.
Zulfa, F. (2021). Development Of Strategic Issues Of Islamic Religious College. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 28–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zihad Nur Bahri, Suharto Suharto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.