MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN DOMINO HURUF VOKAL

Authors

  • Deden Thosin Waskita STIT Rakeyan Santang
  • Yudi Widiana STIT Rakeyan Santang
  • Nurmaidah Nurmaidah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Huruf Vokal, Domino Huruf Vokal

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyak anak usia 4-5 tahun di PAUD Melati yang belum mampu mengenal huruf Vokal diantaranya belum bisa Menyebutkan huruf vokal, menuliskan huruf vokal, dan menyepadankan huruf vokal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media permainan Domino huruf vokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dilaksanakan di kelompok usia 4-5 tahun di PAUD Melati Kecamatan Tegalwaru  sebanyak 13 peserta didik. Hasil penelitian setelah menggunakan media domino huruf vokal dalam upaya  meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal  pada siklus I terjadi peningkatan pada pengenalan huruf vokal anak usia 4-5 tahun dengan persentase 61%. Pada siklus II kenaikan persentase pada pengenalan huruf vokal anak usia 4-5 tahun mencapai 81%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media domino huruf vokal dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal ( a,i,u,e,o ) pada anak usia 4-5 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Djamarah, B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Sanjaya. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Thobroni dan Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Thosin Waskita, D. ., Widiana, Y. ., & Nurmaidah, N. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN DOMINO HURUF VOKAL. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 60–69. Retrieved from http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/Alkamil/article/view/420

Issue

Section

Articles